Setiap  mahasiswa yang akan menyelesaikan program studinya wajib menyelesaikan tugas akhir. Skripsi/Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah yang dikerjakan mahasiswa menjelang akhir studinya. Karya tulis ini dapat berupa hasil kegiatan penelitian, studi literature, studi kasus dan/atau perancangan dengan melakukan analisis keilmuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dalam meyelesaikan tugas akhir sebagai syarat mendapatkan gelar Sarjana, mahasiswa harus melalui serangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari:

  1. Pengajuan tema/topik skripsi/tugas akhir kepada ketua program studi atas persetujuan Dosen Penasehat Akademik dengan mengisi formulir Pengajuan Penyusunan Skripsi/Tugas Akhir dengan mencantumkan skripsi dalam KRS.
  2. Dosen pembimbimbing skripsi/tugas akhir ditentukan oleh prodi.
  3. Setelah skripsi disetujui pembimbing, mahasiswa diwajibkan mempresentasikan skripsinya pada saat ujian skripsi pada hari yang telah ditentukan oleh panitian ujian skripsi atas persetujuan masing-masing program studi.
  4. Mahasiswa yang tidak menyelesaikan penulisan skripsi/tugas akhir pada rentang waktu 2 (dua) semester aktif terhitung sejak dicantumkan dalam KRS, diberi perpanjangan selama-lamanya 2 bulan. Jika sampai batas waktu tersebut belum selesai, mahasiswa harus mengganti judul skripsi dan memulai proses penulisan skripsi baru.

Mengingat pentingnya proses tersebut di atas, maka sebelum proses penulisan skripsi dilakukan, diadakanlah Workshop Metodologi Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Method) serta pembekalan penulisan skripsi dengan harapan memberikan pemantapan bagi mahasiswa dalam proses penulisan skripsinya.

Acara yang dilaksanakan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dan program studi lain di lingkungan Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban. Dalam acara yang dipandu oleh Niswatin Nurul Hidayati selaku moderator ini, terdapat dua pemateri yaitu Joko Hadi Purnomo, SE., M.Si., ME. yang menyampaikan materi Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Dr. Mujib Ridlwan, S.Ag., MA., M.Si yang menyampaikan terkait Metodologi Penelitian Kualitatif.

Setelah proses pembekalan ini akan dilanjutkan dengan proses penulisan skripsi, seminar proposal skripsi yang akan diadakan pada akhir bulan Februari 2020 dan Ujian akhir skripsi yang dijadwalkan pada bulan Juli mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *