Pandemi Covid-19 membuat berbagai acara atau agenda kampus tidak dapat dilaksanakan secara langsung, termasuk di dalamnya proses pembelajaran. Oleh karena itu, sistem pembelajaran berbasis online (daring) menjadi pilihan yang dapat dilakukan agar proses belajar mengajar tetap dalam berjalan dengan baik. Namun, sistem pembelajaran yang belum terlalu dikenal baik oleh dosen maupun mahasiswa membuat kendala tersendiri. Oleh karena itu, Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merasa perlu untuk mengikutsertakan tenaga pendidiknya untuk mengikuti pelatihan.

Salah satu pelatihan yang diikuti adalah Pelatihan Online Learning Management System Edmodo & Video Conference Zoom. Pelatihan ini diinisiasi oleh Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) agar dapat membantu meningkatkan kapasitas dosen, serta nantinya dapat ditularkan kepada para mahasiswa. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Maret 2020 ini dilaksanakan dengan sistem daring (online) melalui whatsapp group yang dibuat oleh panitia.

Tenaga pendidik dari berbagai program studi dan kampus ikut serta di dalamnya, termasuk dosen dari Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Fakultas sangat menyadari tantangan pembelajaran online, itulah mengapa pengelola prodi terus mendorong para dosen untuk meningkatkan kapasitasnya agar dapat terus update proses pembelajaran dengan berbagai platform. Dalam acara yang dilaksanakan selama 3 hari ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam diwakili oleh Moh. Agus Sifa’, SE., MM. dari Prodi Perbankan Syariah dan Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A. dari Prodi Ekonomi Syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *