Penulisan artikel untuk dipublikasi di jurnal merupakan salah satu aplikasi dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian. Untuk menunjang hal tersebut, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, mengelola Journal of Sharia Economics yang memiliki scope di bidang ekonomi dan ekonomi Syariah. Jurnal ini mulai diterbitkan sejak bulan Juni 2019 yang lalu. Untuk terus meningkatkan kualitas nya, pihak pengelola jurnal akan mengusulkan akreditasi di akhir tahun 2020 ini. Hal ini karena proses pengajuan akreditasi baru untuk suatu jurnal mewajibkan jurnal untuk memiliki usia dua tahun dari pertama kali terbit.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, baik pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam maupun pihak Program Studi Ekonomi Syariah terus mendorong pihak pengelola untuk mempublikasikan artikel artikel berkualitas, memaksimalkan tampilan serta pengelolaan platform Open Journal System (OJS) yang digunakan. Di samping itu, pihak pengelola juga mengikutsertakan pengelola jurnal untuk mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh RJI (Relawan Jurnal Indonesia), dalam hal ini RJI Wilayah Sumatera Selatan yang mengusung tema “Tips dan Trik Mengelola Jurnal Terakreditasi & Pelatihan Mendeley”.

Workshop ini dilaksanakan secara online pada hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020. Hambatan dengan adanya pandemic Covid-19 ini tidak memupuskan semangat dari pengelola prodi untuk terus memperbaiki kualitas jurnal yang dikelola. Dalam acara tersebut, Journal of Sharis Economics diwakili oleh Editor-in-Chief nya, yaitu Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A. Pihak pengelola prodi akan terus memberikan support agar jurnal yang dikelola dapat terakreditasi di Sinta di akhir tahun 2020 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *