Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Untuk membuat sitasi, tidak lagi menggunakan cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka.  Mendeley dapat didapatkan secara gratis. Namun tetap saja, meskipun sebuah aplikasi yang bisa berdiri sendiri, namun fungsi Mendeley bekerja sebagai Add-In untuk  Microsoft Word, khususnya versi 2016 jika kamu menggunakan Mac.

Dengan adanya software tersebut, tentu saja sangat membantu para dosen yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan tridharma, khususnya dalam penulisan artikel ilmiah. Dengan dasar bahwa selama ini para dosen masih menggunakan sitasi secara manual, maka pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengikutsertakan beberapa dosennya untuk mengikuti pelatihan Mendeley secara online.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2020 ini diikuti oleh beberapa dosen dari Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Webinar ini dilaksanakan oleh Pascasarjana Universitas Halu Oleo Kendari. Pasca pelaksanaan pelatihan ini, diharapakan para dosen tidak lagi menggunakan penulisan daftar pustaka secara manual. Dosen yang telah ikutserta juga diharapkan melatih dosen dosen lainnya agar produktifitas penulisan artikel ilmiah juga terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *