Adanya pandemi Covid 19 membuat berbagai macam kegiatan terhalang untuk dilakukan, termasuk di dalamnya dalam melaksanakan penelitian. Penelitian merupakan salah satu kewajiban bagi civitas akademika suatu kampus karena termasuk dalam tridharma perguruan tinggi, selain pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAI Al Hikmah Tuban bekerjasama dengan STAI Al Fithrah Surabaya mengadakan Webinar dengan tema “Tantangan dan Peluang Riset PTKIS di Era New Normal”

Dalam webinar yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 22 Juli 2020 ini, 3 (Tiga) pemateri dihadirkan yaitu Dr. Arif Mansyuri dari Kopertais Wilayah IV Surabaya yang juga pengajar di UIN Sunan Ampel Surabaya. Selain itu, ada pula Dr. Iksan Kamil Sahri dari STAI Al Fithrah Surabaya serta Niswatin Nurul Hidayati dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAI Al Hikmah Tuban. Acara tersebut dipandu oleh Syamsudin (STAI Al Fithrah Surabaya) selaku Moderator dan Najib Mahmudi dari IAI Al Hikmah Tuban selaku host dalam acara tersebut.

Dalam acara yang diselenggarakan dengan aplikasi Zoom Cloud Meetings serta disiarkan secara live streaming melalui facebook FEBI Al Hikmah Tuban ini diikuti oleh cukup banyak peserta baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen yang ada di pulau Jawa maupun luar pulau Jawa.

Dalam acara tersebut, ketiga pemateri menyampaikan bahwa pada dasarnya dengan adanya pandemi covid 19 memang membawa banyak perubahan dalam cara meneliti namun bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang untuk terus meneliti dan menulis. Perubahan perubahan tersebut misalnya peralihan dari field research menjadi conceptual atau library research, penggunaan teknologi dalam proses pengumpulan data, misalnya melalui google form, aplikasi whatsapp dan lainnya.

Dengan adanya join webinar ini, diharapkan pula bahwa PTKIS yang ada di lingkungan Kopertais IV Surabaya terus bersinergi untuk saling mendukung dalam peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kerjasama semacam ini diharapkan terus berlanjut di kesempatan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *