Pengabdian kepada  masyarakat  adalah  salah  satu Dharma  dari  Tri  Dharma  Perguruan  Tinggi,  disamping dharma   pendidikan   dan   dharma   penelitian,   dimana Perguruan  Tinggi  diharapkan  ada  usaha  secara  sadar untuk mencegah terjadinya isolasi Perguruan Tinggi dari masyarakat dan lingkungannya, sehingga akan selalu ada keterkaitan    atau    bahkan    kemanunggalan    Perguruan Tinggi dan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas pokok Perguruan Tinggi, maka   pelaksanaannya   harus   di   dukung   oleh segenap civitas akademika Perguruan Tinggi, dengan dilandasi    pemahaman    bahwa    pengabdian    kepada masyarakat   merupakan   kegiatan   yang   memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan    masyarakat.  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mempunyai   tugas   dan   fungsi   memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian     LPPM   Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban berusaha memberikan kesempatan kepada para civitas akademika, termasuk di dalamnya mahasiswa untuk melakukan   kegiatan   pengabdian   kepada   masyarakat dengan memberikan dukungan dana Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tema Program Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah “Pengabdian Mahasiswa untuk Desa yang Berdaya”. Program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen terkait pengembangan/pemberdayaan masyarakat/lembaga dalam bentuk pembuatan program pengabdian yang dipersiapkan bagi peningkatan kapasitas masyarakat desa/kelurahan/lembaga dimana mahasiswa ditinggal. Program Pengabdian kepada Masyarakat berbasis keilmuan diharapkan mahasiswa dapat memberikan/menuangkan ide kreatifnya sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki. Peserta Program Pengabdian kepada Masyarakat ini meliputi mahasiswa dari satu disiplin/bidang ilmu tertentu.

Dalam pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2020 di Auditorium IAI Al Hikmah ini disampaikan bahwa tiap Mahasiswa Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPkM) berkewajiban membuat luaran pengabdian berupa: 1) Laporan Akademik hasil Produk Karya Pengabdian; 2) Sebuah artikel yang diringkas dari laporan akademik; dan 3) Artikel publikasi media elektronik dan media Massa.

Berikut ini adalah timeline pelaksanaan PPkM tahun 2020:

TANGGAL URAIAN
10 Juni – 25 Juli 2020 Pendaftaran Mahasiswa
9 Juli 2020 Pembekalan DPL
25 Juli 2020 Pembekalan Mahasiswa
3 Agustus – 3 September 2020 Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)
17 September 2020 Pelaporan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *