Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan salah satu yang fakultas yang ada di lingkungan Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki dua program studi, yaitu Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Kedua program studi tersebut telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Program Studi Ekonomi Syariah telah mendapatkan Akreditasi B dari BAN PT. Sedangkan Prodi Perbankan Syariah merupakan prodi baru yang secara otomatis mendapatkan nilai akreditasi minimal dari BAN PT.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam telah melaksanakan Tri Dharma, dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan fakultas telah menerapkan sistem KKNI, dalam bidang penelitian pihak fakultas selalu mendorong para dosen serta mahasiswa untuk terus melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal nasional. Di samping itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam juga telah memiliki satu jurnal sendiri yaitu Journal of Sharia Economics. Kemudian, dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, telah banyak yang telah dilaksanakan, misalnya pengabdian berupa pendampingan terhadap koperasi syariah, pendampingan terhadap pengelolaan sampah untuk dikelola BUMDesa untuk meningkatkan perekonomian warga, ekonomi kreatif untuk mengembangkan UMKM, serta pendampingan masyarakat dalam pengelolaan BUMDesa melalui pemanfaatan kotoran sapi menjadi biogas.